Cari Blog Ini

Kamis, 12 September 2013



POSYANDU

A.    Pengertian
posyandu adalah sistem pelayanan yang dipadukan antara satu program dengan program lainnya yang merupakan forum komunikasi pelayanan terpadu dan dinamis seperti halnya program KB dengan kesehatan atau berbagai program lainnya yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat (BKKBN, 1989). 
Pengertian Posyandu adalah suatu wadah komunikasi alih teknologi dalam pelayanan kesehatan masyarakat dari Keluarga Berencana dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat dengan dukungan pelayanan serta pembinaan teknis dari petugas kesehatan dan keluarga. berencana yang mempunyai nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini. Yang dimaksud dengan nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini yaitu dalam peningkat mutu manusia masa yang akan datang dan akibat dari proses pertumbuhan dan perkembangan manusia ada 3 intervensi yaitu :
1. Pembinaan kelangsungan hidup anak (Child Survival) yang ditujukan untuk menjaga kelangsungan hidup anak sejak janin dalam kandungan ibu sampai usia balita.
2. Pembinaan perkembangan anak (Child Development) yang ditujukan untuk membina tumbuh/kembang anak secara sempurna, baik fisik maupun mental sehingga siap menjadi tenaga kerja tangguh.
3. Pembinaan kemampuan kerja (Employment) yang dimaksud untuk memberikan kesempatan berkarya dan berkreasi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Intervensi 1 dan 2 dapat dilaksanakan sendiri oleh masyarakat dengan sedikit bantuan dan pengarahan dari petugas penyelenggara dan pengembangan Posyandu merupakan strategi yang tepat untuk intervensi ini. Intervensi ke 3 perlu dipersiapkan dengan memperhatikan aspek-aspek Poleksesbud.

B.       Manfaat Posyandu
1.      Bagi Masyarakat
ü  Memperoleh kemudahan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dasar
ü  Memperoleh bantuan dalam pemecahan masalah kesehatan
ü  Efisiensi dalam mendapatkan pelayanan terpadu
2.      Bagi Kader, pengurus Posyandudan tokoh Masyarakat
ü  Mendapatkan informasi tentang upaya kesehatan
ü  Dapat membantu masyarakat menyelesaikan masalah kesehatan
3.      Bagi Puskesmas
ü  Sebagai pusat pemberdayaan masyarakat dan pusat pelayanan kesehatan strata 1
ü  Membantu masyarakat dalam pemecahan masalah kesehatan
ü  Meningkatkan efisiensi waktu, tenaga dan dana dengan pemberian pelayanan secara terpadu
4.      Bagi Sektor Lain
ü  Lebih spesifik membantu masyarakat dalam pemecahan masalah
ü  Meningkatkan efiseiansi pemberian pelayanan sesuai tupoksi masing-masing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar